Menerima Jasa Desain Rumah, Desain Interior, RAB, Pembuatan Maket, Pemasangan Pagar Besi, dan Lukisan Mininimalis. Jika Berminat HUB. 0852-5548-8091 --

------------------------------------------------------------------------------------


Menerima Jasa Pemasangan Iklan Usaha Di Blog Kami Jika Berminat Hub 085 255 488 091 Pin BB 5C64CC74---


Breaking News

Sabtu, 17 Januari 2015

Ragam Hias Pada Bangunan Arsitektur Islam

    korasi merupakan bagian dari seni seperti pula arsitektur, terkait langsung pada jaman dan budaya suatu masyarakat. Dalam hal hiasan tidak lepas dari hukum Islam tertuang dalam hadis dan Al-Quran
    khususnya yang berkaitan dengan seni. Seni terkait langsung dengan keindahan, dapat diartikan sebagai segala sesuatu ciptaan manusia yang membuat orang senang karena keindahannya. Meskipun batasan tersebut mengandung sifat subjektif, namun dapat dinilai dengan fungsi dari suatu seni dan penilaian rata-rata dari banyak orang.
     Sikap Islam dalam seni rupa khususnya seni lukis, pahat atau patung mungkin dapat dipahami antara lain dengan penafsiran Syaikh Muhammad Ath-Thahir tentang patung. Disini ditegaskan bahwa Islam mengharamkan patung karena sangat tegas memberantas segala kemusyrikan orang-orang arab dan lain-lain pada masa itu. Sebagian besar berhala adalah patung-patung, maka Islam mengharamkan karena alasan tersebut bukan karena dalam patung terdapat keburukan, namun karena patung itu dijadikan sarana bagi kemusyrikan. Atas dasar inilah hendaknya dipahami hadis-hadis yang melarang menggambar atau melukis mahluk hidup. Dalam Islam lebih banyak menggunakan motif floral atau tumbuh-tumbuhan dan lebih disukai adalah corak geometris tidak figuratif.
a) Corak Geometris
Yang dimaksud bentuk geometris adalah garis, bidang, lengkung segitiga hingga segi banyak dan lain-lain ada dalam ilmu ukur, bagian-bagiannya termasuk sudur dan luasnya dapat diukur.

b) Kaligrafi
Kaligrafi adalah seni menulis huruf bagian dari seni. Kaligrafi pada umumnya adalah tulisan kalimat atau kata yang dikutip dari Al-Quran.

 c) Ornamen Floral
 

Selain hiasan geometris dan kaligrafi, banyak pula bangunan islami menggunakan ragam hias bermotif floral (tumbuh-tumbuhan) baik diabstraksikan total sebagian ataupun dalam bentuk nyata menjadi pola lengkung-lengkung dari tanaman batang, daun, bunga atau buah.


Sumber : E-Book Arsitektur Islam
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Designed By VungTauZ.Com